Selasa, 15 Mei 2012

Cydia untuk iPad

Mau lihat aplikasi gratis dari Cydia buat jailbroken iPad? buka posting Aplikasi Gratis dari Cydia.
Cydia, app store utama jailbreak, sekarang memberitahukan jika ada aplikasi yang tidak kompatibel dengan iPad yang telah diJailbreak. 


Apa itu Cydia ? 

Cydia merupakan software aplikasi untuk iPad yang memberikan fasilitas untuk melihat-lihat dan download aplikasi untuk iPad atau iPod Touch yang sudah di jailbrake. Software ini dikembangkan oleh Jay Freeman a.k.a saurik.
Cydia menyediakan user interface yang lebih friendly untuk beberapa tool instalasi open-source software yang berdasar Linux (khususnya APT, dan sistem paket dpkg). Repositori Cydia mendukung instalasi paket software, sebagian besar dapat didownload secara gratis. Cydia juga menyediakan Cydia Store, yang menawarkan beberapa aplikasi yang dijual. Baik gratis maupun dijual, dapat didownload secara langsung ke iPad atau iPod Touch, masuk ke folder /Aplications, sama seperti aplikasi pre-instal dari Apple.
Nama Cydia berasal dari serangga Cydia pomonella, merupakan sejenis hama yang larvanya hidup didalam apel.

Fitur : Ketika aplikasi yang diajukan ke App store resmi tidak disetujui, pengembang seringkali menyimpan aplikasi tersebut pada sumber yang dapat terakses melalui APT, yang biasanya terinstal secara langsung dalam iOS melalui interface Cydia. Misalnya Google Voice yang sebenarnya dikembangkan oleh pihak ketiga; versi dari Google sendiri pada awalnya ditolak oleh Apple, namun sekarang sedang dipertimbangkan kembali.

Cydia Store : Cydia mempersilakan penggunanya untuk menambahkan sumber-sumber baru ke APT, yang memberikan pengguna pilihan lokasi download. Ada banyak sumber yang tersedia dalam community source-packs, dan untuk sumber-sumber pribadi dapat ditambahkan secara manual. Paket - paket aplikasi untuk jailbroken iPad dan iPod touch, kebanyakan dapat berfungsi pada level yang lebih dalam daripada aplikasi yang disetujui oleh Apple, karena aplikasi - aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk mengakses setiap bagian dari hardware ataupun file-system. Sehingga memungkinkan untuk tema, file browser, video recording, dan modifikasi sistem untuk seluruh aplikasi yang terinstal dalam iPad.
Pada bulan maret 2009, Freeman memperkenalkan sebuah cara untuk para pengembang untuk menjual aplikasi melalui Cydia. Pengguna bisa melalui sistem pembayaran Amazon atau Paypal untuk membayar aplikasi dalam Cydia store. Bukti pembayaran terhubung dengan akun facebook atau google misalkan terjadi kerusakan iPad atau iPod touch milik pembeli aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar